• Sejarah Teknologi Recording

    Sejarah teknologi perekaman yg ada pada saat ini tidak lepas dari penemuan² yg terjadi pada zaman dahulu.Phonograph,hasil kreasi Thomas A. Edison pada tahun 1877,merupakan awal dari sebuah tonggak sejarah dunia rekaman.Dengan tabung silinder (wax cylinder) yg di bungkus oleh material yg halus sejenis lilin yg merupakan media untuk dapat merekam suara kedalam suatu bidang.Untuk melakukan play back,diperlukan alat seperti tajum pada Phonograph yg diguratkan pada silinder tadi.Dan hal tersebut akan menghasilkan getaran suara pada corong Phonograph.






    Pada tahun 1887 ,Emile Berliner, mengembangkan Phonograph menjadi Gramophone.Dari segi bentuk,menjadi seperti CD/flat,tidak banyak mengalami perubahan.Hanya sistem perekamannya saja yg berubah,dari sistem rekam secara vertikal milik Thomas A. Edison,menjadi sistem perekaman secara horizontal.Hal tersebut membuat kedalaman alur silinder menjadi lebih konstan.

    Kemajuan yg pesat terjadi pada tahun 1924.Dengan Victor Orthophonic Phonoautograph,peningkatan kualitas dari proses rekaman yg sudah menggunakan tenaga listrik,serta perubahan pada corong,yg menghasilkan respons frekwensi yg flat.

    Selanjutnya,Valdemar Poulsen memperkenalkan Magnetic Recording,dengan menggunakan Telegraphone,pada tahun 1898.Dengan memanfaatkan energi magnetic,media yg bergerak melewati head perekam memiliki kecepatan yg konstan sehingga menghasilkan suara yg lebih baik dari teknologi sebelumnya.

    Tape Recorder tidak bisa dilepaskan dari sejarah panjang teknologi perekaman.Tape recorder mulai dikembangkan pada tahun 1932 di Jerman.Pita yg semakin kecil dengan suara stereo yg sudah baik,membuat para seniman musik sudah dapat melakukan rekaman dengan dukungan alat yg semakin simple.

    Diakhir 1990-an,Digital Recording sudah mulai menjadi standar industri rekaman.Dan saat ini,di era millennium ini,sebuah pita rekam sudah di gantikan tugasnya oleh harddisk,yg tentunya semakin membuat praktis sebuah proses rekaman.Dan juga corong Phonoautograph yg "disulap" (simsalabim...:D) menjadi speaker dengan teknologo kinetik yg canggih.
    Trus,bagaimana dengan perkembangan Digital Teknologi untuk 10 thn,atau bahkan 100 thn ke depan (pede amat 100 thn lg masih hidup)???Kita ikuti saja perkembangannya....

0 comments:

Leave a Reply

Featured Video

Photos